Jalan-Jalan bersama Intan

Pantai Slopeng di Kabupaten Sumenep yang Masih Alami

Akhir tahun lalu kami sekeluarga pergi ke Sumenep, salah satu provinsi di pulau Madura.

Kebetulan saya sudah kangen sama kampung halaman nenek saya. Waktu kecil pernah tinggal disana beberapa tahun. 


Sembari mengunjungi sanak saudara, kamipun memutuskan untuk pergi ke pantai Slopeng.Orang sana menyebutnya dengan nama "pantai salopeng."



Lokasi dan Lama Perjalanan
Perjalanan ke Sumenep Madura membutuhkan waktu 8 jam dari kota Malang jika naik sepeda motor. Mungkin bisa memakan waktu lebih jika naik bis atau mobil. 

Terbilang sangat jauh karena memang kota sumenep berada di paling ujung pulau Madura.

Jika  anda ingin naik bis dari Malang. Silahkan naik bis restu, atau yang lain dengan jurusan terminal Bungurasih Surabaya. Biaya bis berkisar 15ribu (biasa) dan 25ribu (patas).

Setelah itu oper bis di bagian bus antar provinsi dan naik bis Pelita Mas yang jurusan ke Sumenep Madura. Tarif bis biasa 33ribu rupiah. Bis patas 48ribu.

Perjalanan surabaya-sumenep tidaklah membosankan meskipun dari jarak sangat jauh. 

Di bis kita bisa melihat pemandangan alam yang mengagumkan. Diantaranya pemandangan laut di Selat Madura ketika lewat jembatan Suramadu. 

Belum lagi sesampainya di Madura bisa lihat pantai berulang kali di sisi kanan kiri bis, banyak juga perahu-perahu nelayan yang sedang berlayar.

Sesampainya di Terminal Sumenep, Anda bisa naik taksi, minta jemput teman, naik travel ataupun pakai helikopter. hehehe.

Pantai Slopeng berjarak 20an km dari pusat kota Sumenep. Tepatnya beralamat di Jl. Ambunten km 17 Desa Samaan, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep.



Untuk yang rawan mabuk perjalanan, lebih baik minum pil anti mabuk dahulu karena jalanannya gak sepenuhnya mulus. Ada jalanan bergeronjal dan berkelok-kelok naik turun sehingga membuat perut sedikit mual. Buat yang sehat sih ok ok aja.

Harga Tiket Masuk 
Harga masuk ke pantai Salopeng sangatlah murah. Waktu dulu di hari biasa cuma 1000 per orang, di hari besar atau hari libur baru dikenakan tarif yang sedikit mahal yaitu 5000 rupiah.

Suasana dan Fasilitas
Pantai Slopeng termasuk pantai utara Madura yang mempunyai gelombang tenang dan tidak berbahaya bagi umat manusia yang ingin berenang.

Disini juga tidak ada penunggunya seperti pantai selatan, jadi gak perlu takut pakai warna baju apa saja.

Keunikan dari pantai ini adalah panjang garis pantainya yang mencapai 6 kilometer. Airnya jernih dengan pasirnya berwarna kuning keemasan. 

Saking panjangnya, para penduduk sekitar juga membuka penyewaan kuda agar para wisatawan tidak capek. Sewa juga cukup murah dengan kisaran harga 10ribu sampai 20ribu sudah bisa menyisiri pantai.

Waktu kami kesini juga pas ramai ada acara live musik daerah. Ada pementasan tari atau lomba yang menambah kemeriahan hari itu. 

Di dekat pantai ada beberapa toilet yang berjejer sebagai fasilitas ganti baju renang ataupun untuk mandi. Toiletnya cukup bersih. 

Di bagian atas pantai ada gubuk-gubuk kecil untuk bersantai. Jika sudah lelah dan ingin beristirahat bisa digunakan sebagai tempat kumpul-kumpul keluarga maupun teman. Misalnya untuk tempat makan bareng, ngobrol bareng dan lain-lain.

Selain pantai, disini juga ada sedikit permainan untuk anak-anak seperti ayunan, perosotan, dan macam-macam. 

Sayang seribu sayang keindahan pantai disini tidak dibekali dengan kebersihan pantainya. Jika kita tidak berhati-hati di pantai banyak sekali kotoran kuda yang baunya menyengat dan bisa mengotori kaki. 

Belum lagi di daerah atas pantai banyak juga berserakan bungkus-bungkus makanan sisa menjadi gak enak di pandang.

No comments:

Post a Comment

Adbox

@templatesyard