Jalan-Jalan bersama Intan

Tiket Masuk dan Rute Tanah Lotnya Malang Pantai Balekambang

Dulu sekali kami sekeluarga pernah ke pantai Balekambang. Saya masih SMA mungkin (tahun 2006). Dikala itu tiket masuknya juga masih murah. Masih sepi pengunjung. 

Sekarang mungkin sudah berubah atau tetap saja sama? Menurut informasi ada kenaikan tarif dan menambahnya permainan serta fasilitas.

Yang paling menarik dari pantai balaikambang adalah puranya yang sedikit menjorok ke arah lautan. Mirip sekali dengan pura yang ada di Tanah Lot Bali. 


Namun ada bedanya, di Bali puranya tidak ada jembatan jadi jika air laut pasang, kita tidak bisa ke pura karena tertutup dengan air laut. Sedangkan di Balekambang, puranya lebih tinggi karena dibangun diatas pulau batu. Jadi ada jembatan penghubung dari pantai ke pura tersebut.



Mau coba berpetualang ke Pantai yang dijuluki Tanah Lotnya Malang ini? 

Siapkan dulu bekal dan barang-barang yang anda bawa. Misalnya bekal makanan dari rumah. Daripada membeli di tempat wisata yang masih belum cocok dengan selera makan kita. Belum lagi biayanya yang relatif lebih mahal dibanding bikin masakan sendiri.

Tikar, jika ingin makan beralaskan pasir pantai nan indah. Jangan lupa juga pakai Sunscreen agar kulitmu terlindungi dari paparan sinar matahari. Bawa juga payung siapa tahu disana lagi hujan atau panas banget jadi bisa jaga-jaga.

Kendaraan yang dipakai juga harus disiapkan dengan baik. Keadaan bensin, rem, onderdil karena kita kesana dalam beberapa jam maka perlu diperhatikan juga hal ini. 

Jangan lupa juga untuk membawa peralatan selfie anda seperti kamera dan tongsis supaya foto anda lebih kece dan keren. hehehe.

Lokasi
Pantai balekambang merupakan pantai selatan yang dikenal dengan ombaknya yang deras dan besar. Pantai ini berada di dusun Sumber Jambe, desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Jawa Timur.




Rute dan Kendaraan
Ada 3 rute jika anda ingin kemari:

Rute 1 dari malang kota ke kepanjen kemudian melewati pagak dan bantur baru anda sampai ke pantai balekambang

Rute 2 dimulai dari Malang kota ke terminal gadang melewati bululawang, gondang legi, bantur baru sampai ke pantai balekambang

Rute 3 dari terminal arjosari ke turen lalu gondang legi kemudian baru ke bantur dan sampailah ke pantai balekambang

Waktu perjalan kira-kira bisa mencapai 2-3 jam tergantung lalu lintas dan kecepatan anda. 

Jalanan ke pantai balekambang bisa ditempuh dengan semua kendaraan sepeda motor, mobil, bis, truk kecuali angkutan umum / angkot, mungkin bisa kalau di carter atau disewa dari bantur saja. 

Jika pakai angkutan dari arjosari bisa naik AG, atau AJG (harganya 4000 jauh dekat) kemudian naek lagi di terminal gadang oper angkutan daerah berwarna orange (jurusan bantur, harganya semakin jauh semakin mahal).

Di jalan dekat pantai balekambang ada yang namanya 'jurang mayit' karena tanjakan dan tikungannya curam sekali sehingga banyak orang yang kecelakaan disana. Anda harap berhati-hati supaya selamat sampai tujuan. 

Ketika sudah dekat dengan lokasi, anda akan menemukan arah-arah yang menunjuk pada pantai selatan ini, jadi jangan khawatir tersesat.

Tiket Masuk, Suasana dan Fasilitas Pantai Balekambang
Harga tiket masuk ke pantai Balekambang terbilang cukup terjangkau hanya 15000 rupiah per orangnya. 

Dengan harga segitu, kita sudah cukup puas menikmati indahnya suasana pantai dengan hamparan pasir putih sepanjang 2 km, dengan pura Amarta Jati di seberang, dan ombak laut yang damai meskipun agak besar. 

Mungkin untuk antisipasi aja, jangan berenang jauh-jauh dari bibir pantai, apalagi kalau gak bisa berenang. Itu sangat bahaya. Buat yang punya anak kecil juga harap dijaga baik-baik dan selalu berhati-hati. 

Disini ada 3 pulau batu yang kecil dan banyak daunnya kalau dilihat dari jauh. Pulau itu bernama pulau wisanggeni, pulau anoman, dan pulau ismoyo tempat berdirinya Pura Seperti Tanah Lot itu.

Pura Amarta Jati ini terbuka untuk umum, jika anda ingin melihatnya tinggal menyebrang saja lewat jembatan yang sudah disediakan. Disana kita bisa berfoto-foto sambil melihat keadaan laut lebih dekat.  

Disini ada 2 mitos yang menarik. Boleh percaya atau tidak karena saya juga belum pernah melihat buktinya. Pertama orang yang pacaran tanpa ikatan resmi jika berkunjung ke pantai ini dipercaya hubungannya akan segera putus. 

Mitos kedua, air pantai balekambang dipercaya menyebabkan muka seseorang menjadi awet muda, jadi tidak heran banyak orang yang mencuci mukanya dengan air pantai disini.

Pantai putih ini juga terkadang menjadi lokasi favorit latihan anak-anak persepakbolakan seperti grup Arema ataupun Persema, ada juga grup pramuka yang juga suka berkemah disini. 

Di tahun 2012 fasilitas pantai juga ditambah dengan permainan baru yaitu Flying Fox harganya cuma 20.000 per orang. Selain ini juga sebelumnya juga sudah ada ayunan, patung binatang dan permainan lain.

Selain wisata laut, balekambang ini bisa dijadikan wisata religi. Saat hari raya nyepi disini sangat ramai, banyak orang sekitar beragama hindu yang melakukan upacara disini. 

Satu kilometer dekat pantai juga ada sebuah makam Syaikh Abdul Jalil yang konon katanya beliaulah yang membabat pantai Balekambang. Di bulan Suro banyak orang islam yang berbondong-bondong berziarah di makam ini.

No comments:

Post a Comment

Adbox

@templatesyard