Jalan-Jalan bersama Intan

Jalan - Jalan ke Kota Bekasi Jawa Barat

Pernah jalan-jalan ke Bekasi? Intan dulu pernah tinggal 1 bulan disini untuk bekerja di kawasan Industri. Kalau anda dari Malang, bisa naik kereta dan bis yang jurusan Jakarta. Angkutan Umum dari Malang yang aku sukai adalah Bis eksekutif Gunung Harta. Gunung Harta ini harganya terjangkau daripada naik kereta yang harus bayar lebih mahal. 

Jalan - Jalan ke Kota Bekasi Jawa Barat

Gunung Harta harganya hanya 250.000 dengan bonus makan di resto 1x dan bonus 1 kardus (roti + minum) 2x. Daripada beli khan lebih hemat? Hehe. Tempat duduknya empuk, ada selimut plus bantal juga untuk tidur, colokan untuk ngeces Hp di bagasi atas, Full Ac, Toilet dalam dan Wifi jika ada. Tempat duduk bisa milih. Enak khan? Kalau gak mau naek itu, bisa naek bis eksekutif Lorena, kereta api Mataremaja, dan kereta api Gajayana. Untuk kereta api mungkin gak bisa langsung turun di Bekasi tapi ke Jakarta dulu, setelah itu oper KRL atau kereta listrik yang menuju Bekasi.

Setelah sampai di Bekasi, anda bisa naik angkutan umum (kalau di Malang ditandai dengan huruf tapi di Bekasi ditandai dengan angka). Tarif jauh dan dekat berbeda. Semakin jauh anda naik, maka semakin banyak pula tarif yang akan anda bayar, sebaliknya semakin dekat anda turun, semakin murah juga tarif yang akan anda bayar. Sopir angkutan disini biasanya dipanggil Babe. Aneh tapi lucu. hehe.

Kalau tidak salah wilayah bekasi dibagi dua, ada bekasi barat dan bekasi timur. Dulu aku pernah ngekos di Bekasi Timur, untuk masalah angkutan tidak masalah karena disini lokasinya strategis dekat terminal dan ada juga mall kecil namanya Bekasi Square (kalau di Malang persis Gajah Mada). Nah, aku biasanya belanja kebutuhan sehari-hari disitu. Di dekatnya ada toko bakso yang enak dan penjual bubur yang selalu aku beli. Hehe. 

Tapi sayangnya teman-teman tempatnya kumuh, banyak sampah berserakan di pinggir jalan, tikus got dan tikus rumahnya gedhe-gedhe gendut juga. Apalagi bau pasarnya gak karuan. Mungkin inilah sebabnya Bekasi menjadi tempat langganan banjir ketika musim penghujan. Sebaliknya di daerah Bekasi Barat wilayahnya lebih bagus dan banyak terdapat Mall Mall besar dan stasiun kereta api. 

Oh iya tahu tidak, ada daerah tertentu yang tidak terjangkau angkutan umum. Seperti daerah industry karena mereka tidak mengizinkan angkutan umum masuk. Kita bisa jalan kaki, naik ojek atau pakai kendaraan pribadi maupun kendaraan milik perusahaan ketika melewatinya. Biasanya perusahaan menyediakan bis-bis karyawan untuk para pegawainya. Jadi jangan khawatir ya kalau anda ingin bekerja disana.

Untuk yang mau ngekos 1 atau 2 bulan saja mungkin bisa ke daerah Bekasi Timur. Dulu aku ngekos disana hanya 200ribu per orang tapi 1 kamar untuk 2 orang. Ngekos sama 1 orang temanku yang pernah aku ajak juga ke Taman Safari. 

Tempat wisata di Bekasi diantaranya Taman Buaya Indonesia Jaya, Waterboom Lippo Cikarang, Klenteng Hok Lay Kiong, Gedung Juang 45, Hutan Kota, Danau Cibeureum dan banyak lagi yang lainnya. 

Yang suka banget sama hewan bisa ke Taman Buaya Indonesia Jaya. Disana anda bisa menemukan beberapa jenis buaya, dan ada juga pertunjukan pawang yang sedang bermain buaya juga ular berbisa. Yang suka sama air bisa ke Waterboom Lippo Cikarang. Disana anda akan menemukan prosotan air yang panjang dan berkelok-kelok, bukan hanya anak-anak saja tapi disana juga tersedia kolam untuk orang dewasa. 

Klenteng Hok Lay Kiong mempunyai bentuk unik dengan designnya yang serba merah. Kita bisa berfoto-foto disana sekaligus sembahyang untuk umat budha / Kong Hu cu. Jika anda suka sejarah, coba mampir di Gedung Juang 45 yang konon katanya banyak pejuang kita ditawan dan dilawan oleh penjajah. Jika anda termasuk pecinta alam jangan lewatkan Hutan Kota dan Danau Cibeureum yang segar dan alami. Walaupun belum pernah berkunjung tapi bisa dicoba untuk liburan puasa ini. Hehe.

No comments:

Post a Comment

Adbox

@templatesyard