Jalan-Jalan bersama Intan

Jalan-Jalan ke Taman Safari Indonesia II Prigen Pasuruan Jawa Timur

Hari senin yang lalu, Intan diajak sama mama untuk mengikuti wisata yang diadakan di sekolah tempat mama mengajar. Karena setiap guru diperbolehkan membawa anggota keluarganya. Jadi aku dan adikku diajak, tapi sayang karena adik sibuk kuliah, dia gak bisa ikut. Untuk pengganti adikku, Intan mengajak 1 teman bernama Chika. Kami semua naik bis dan berangkat pukul 7 pagi dari Malang menuju ke Taman Safari Indonesia 2 Prigen yang ada di kabupaten Pasuruan

Jalan-Jalan ke Taman Safari II Prigen Pasuruan Jawa Timur
Mama dan Aku

Perjalanan dari malang ke pasuruan sebenarnya gak sampai 2 jam, tapi karena jalanan macet dan banyak yang melakukan wisata juga jadi perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam lebih dikit. Sehingga bis kami sampai ke Taman Safari II Prigen pada jam 9 pagi lebih dikit. hehe. Ketika mendekati kawasan Taman Safari 2 Prigen, anda akan melihat simbol gading. Sepasang gading yang besar dipasang di sisi kiri dan kanan jalan. Aku suka bentuk gadingnya. Yang jelas itu bukan gading gajah karena gak mungkin gading gajah segedhe itu.

Pintu Selamat Datang Taman safari II Prigen

Setelah melewati gading, bis akan menaiki gunung sehingga jalanan berkelok-kelok dan naik turun. Hati-hati biasanya jalan seperti ini membuat kita mabuk karena banyak goyangan. Makanya jangan lupa bawa minyak kayu putih, dan antimo yah. Ada pemandangan menarik juga disini, di kawasan ini banyak toko yang menyediakan makanan, tapi yang menarik adalah penjual sayur karena mereka menjual wortel sedaun-daunnya. Baru kali ini aku melihat wortel ada batang dan daun-daunnya. Haha. Soalnya kalau yang biasa Intan beli itu wortel gundul alias gak ada batang dan daunnya. Apa di daerah anda juga begitu?

Setelah melewati itu semua, akhirnya sampai juga di pos masuk Taman Safari. Disana sepertinya harus bayar ongkos parkir 20.000 untuk bis. Itu masih belum saatnya turun karena bis masih harus jalan lagi lalu masuk ke area parkir dan beli tiket masuk untuk seluruh penumpang.

Sebelum turun bis, ada satu petugas yang tugasnya menghitung semua penumpang di bis. Padahal sudah diomongin kalau jumlah semua penumpang 60 orang, tapi masih dihitung manual sama petugasnya. Mungkin Cuma mau mastikan aja benar atau enggak. 1 tiket masuk perorangnya 115 ribu rupiah.

Di sebelah tempat membeli tiket, ada toko souvenir yang menjual berbagai macam barang / benda yang berhubungan dengan Taman Safari seperti boneka binatang lucu, baju berlogo taman safari, perhiasan seperti bando, tas berbentuk binatang maupun bermotif binatang, topi dan lain-lain. Harganya berkisar 50 ribu hingga ratusan ribu rupiah. Temannya mama ada yang beli boneka ular. Kualitasnya bagus, empuk, lucu, panjang sebanding dengan harga 260 ribu yang dibayarkan.

Setelah beberapa lama menunggu petugasnya memberi tiket berupa gelang yang harus kita pakai, akhirnya datang juga. Setelah tiket kami pakai, seharusnya kami semua oper bus milik Taman Safari tapi karena bis lagi kosong maka kami memakai bis milik sendiri (no oper). Selanjutnya pergi ke zona fatwa dari berbagai belahan dunia. Disini kita bisa mengenal berbagai binatang yang belum kita kenal. Binatangnya banyak yang lucu dan cantik-cantik, bahkan ada burung bermahkota, ada lagi si singa yang sedang capek ketiduran. Pokoknya banyak deh, silahkan kesini kalau penasaran. hehe.

Harimau dewasa di Taman Safari Indonesia
Harimau dewasa di Taman Safari Indonesia II

Jangan kalian pikir di taman safari bisanya cuma lihat binatang saja karena ternyata di zona rekreasi banyak permainan menarik dan show / pertunjukan yang menakjubkan. Permainannya bermacam-macam diantaranya roller coaster, permainan yang sering kita lihat di pasar malam juga banyak disini seperti mangkuk putar, helicopter, kereta api, kereta layang, mobil bom-bom car, ayunan yang diputar-putar, sepeda layang, rumah hantu dan banyak lagi yang lainnya.

Para Ibu-Ibu yang sedang Naik Kereta2an di Taman Safari Indonesia II

Sedangkan show atau pertunjukan akan diadakan di setiap jadwal yang ditentukan. Pertunjukan tersebut ada lumayan banyak diantaranya pertunjukan gajah, pertunjukan super dog (anjing), pertunjukan lumba-lumba, pertunjukan harimau, pertunjukan burung, pertunjukan temple of terror, dan lain-lain. Dalam pertunjukan tersebut binatang akan melakukan sesuatu yang unik dan menunjukkan bakatnya. Disamping itu, kita akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang binatang yang ditampilkan.

Pertunjukan gajah di Taman Safari Indonesia 2 Prigen

Oh iya yang paling bagus itu pertunjukan Temple of terror. Temple of terror ini seperti sebuah drama kecil yang dijalankan oleh para artisnya. Disini kita akan melihat sebuah kombinasi bagus antara binatang dengan para pemain. Selain itu ada efek-efek yang menakjubkan yang mengiringi tampilan mereka. Ketika menyaksikan pertunjukan ini para penonton dilarang menghidupkan handphone, merekam dengan kamera ataupun handy cam dan alat perekam lainnya karena beresiko. Untuk tempat duduk pilihlah tempat duduk bagian atas. Hahaha. Kenapa beresiko?? Cari jawabannya di Temple of terror.

Temple of Terror Taman Safari Indonesia II Prigen Pasuruan Jawa Timur

Jika kalian terasa lapar, di dalam zona rekreasi juga terdapat beberapa restoran, restorannya sih gedhe tapi sepi. mungkin karena pengunjungnya kebanyakan anak-anak kecil, walaupun ada juga orang dewasa yang mendampingi. Selain restoran, kita juga bisa makan pop mie dengan harga 10.000 lengkap dengan air hangatnya, minumnya ada beberapa merek teh dingin dan tentu saja ice cream dengan harga 10ribuan. Harganya 2x lipat dari tempat biasanya kita beli. Kalau mau hemat bawa bekal dari rumah dan makan disana karena tidak ada larangan untuk membawa makanan dari luar. Di tempat show juga ada penjual snack keliling seperti happy toz dan semacamnya ataupun popcorn.

Di Taman Safari II Prigen juga ada zona baby zoo. Disini tempatnya anak-anak binatang yang lucu-lucu dan jinak sehingga kita bisa foto bersamanya. Untuk foto bersama binatang, kita hanya perlu merogoh kocek sebesar 15 ribu rupiah. Binatangnya ada harimau, ular, monyet, orang utan, penguin dan lain-lain.

Bayi Harimau di Taman Safari Prigen

Sayang banget di Aquatic land (tempat hewan-hewan laut berkumpul) jumlah hewannya cuma sedikit. Pinguinnya juga kecil-kecil, padahal pingin foto sama penguin gedhe yang kayak di tivi-tivi. hehe. Khusus foto dengan penguin harganya 50 ribu rupiah.

Singa Laut di Taman Safari Prigen

Sedangkan foto dengan lumba-lumba bisa dilakukan seusai pertunjukan dengan membayar 20.000 per orang. Aku paling suka kandang ularnya karena tempat khususnya kalau dilihat dari luar cantik. Aku dan temanku juga sempat foto di salah satu pintunya, tapi nggak masuk ke dalam karena takut. haha.

Temanku Chika

Oh iya disini juga ada kolam renang. Bagi kalian yang ingin renang dan main air bisa kog kesini. Ada juga permainannya. Kita juga berseluncur pakai prosotan panjang yang sudah disediakan di kolam. Yang mau renang, jangan lupa bawa baju renang atau baju gantinya ya. Gambar di bawah ini permainannya seperti bom-bom car, bisa nyetir-nyetir sendiri tapi mainnya di atas air. Tenang kita gak akan tenggelam kog. Seru kayaknya, aku belum sempat nyoba.

Permainan di Kolam Renang Taman Safari Prigen

Kami disana mulai pagi sampai sore dan waktu terasa cepat karena permainan yang mengasyikkan, belum lagi disana kebarengan sama orang-orang korea yang lagi berlibur. Jadi lumayan buat cuci mata. hehe. Sepertinya orang korea itu dari angkatan darat atau angkatan laut. Jadi wajahnya ganteng dan cantik-cantik. Setelah capek bermain seharian. Kami pulang ke hometown. ^^ Semoga bermanfaat untuk kalian yang berlibur. Terima kasih