Jalan-Jalan bersama Intan

Jalan - Jalan ke Kota Kediri Jawa Timur

Haloo, gimana puasa hari ini teman-teman? masih kuat khan? hehe. Btw, hari ini Intan akan mengajak anda jalan-jalan ke Kediri. Kediri adalah tempat kelahiran ayahku. Dari kecil waktu lebaran, ayahku selalu mengajakku ke kotanya. Tempat beliau dibesarkan oleh kedua orang tuanya. Orang Kediri itu kalem-kalem dan lembut, saudaranya ayahku selalu ramah dan baik hati. Jadi kangen sama mereka semua.

Jalan - Jalan ke Kota Kediri Jawa Timur
My Father and I

Kediri yang selalu aku kunjungi dengan keluargaku adalah daerah Ngadiluwih. Di sana daerahnya dekat dengan stasiun. Nama stasiunnya Ngadiluwih. Kalau dari Malang naik kereta, tinggal turun di stasiun itu saja lalu minta jemput deh. Dulu dari Malang biasanya aku dan ayahku berboncengan pakai sepeda motor. Waktu perjalanan yang diperlukan hanya 4 jam. Perjalanan Malang dan Kediri memang tidak sejauh Madura walaupun rute perjalanannya naik dan turun gunung melewati jalan berkelok-kelok naik-turun. Hati-hati kalau menyetir!

Rumah nenekku yang ada di Kediri masih termasuk desa. Di sana rumahnya besar-besar dan sederhana. Para penduduknya masih banyak yang berternak. Pamanku yang tinggal disana juga punya ladang, kebun dan sapi yang dipeliharanya sejak dulu. Mereka juga masih menggunakan sumur untuk mandi, ada juga kolam ikan, dan kompor kayu bakar. Unik sekali. Di zaman modern seperti ini, mungkin hal tersebut sudah jarang ditemukan ya.

Makanan disana juga segar dan enak banget. Yang paling aku suka adalah buah rambutan, biasanya kalau sudah musimnya tiba, pohon rambutan di rumah paman berbuah lebat dan merah. Pada saat itulah kami bisa memetik dan memakannya langsung. Enak banget. Disamping itu, sambal pecel buatan bibiku juga gak kalah enaknya. Biasanya sambal itu kami makan dengan krupuk pasir yang juga digoreng sendiri. Makanan alami ini benar-benar menggugah selera. Belum lagi ada tahu kuning khas Kediri yang rasanya beda dengan tahu-tahu lainnya. Untuk kulinernya mungkin anda perlu mencoba soto Kediri, bisa ditemukan di pinggir-pinggir jalan. Soto disajikan di mangkuk kecil tapi rasanya lezat membuat orang ketagihan. 

Kalau untuk tempat wisata di Kediri ada beberapa tempat yang wajib anda kunjungi diantaranya wisata alam gunung kelud, monument simpang lima Kediri, air terjun dolo, gumul paradise island dan sumber ubalan Kediri.

Tahun lalu gunung kelud dikabarkan akan meletus karena mengeluarkan banyak hujan debu ke wilayah disekitarnya. Wisata alam gunung kelud memang mempesona karena kita bisa melihat dengan dekat kubah lava (larva merah yang menyala) yang masih aktif sampai sekarang. Kita juga bisa melakukan kegiatan Flying Fox, berkemah, panjat tebing ataupun sekedar mandi air panas. 

Jangan lupa juga kunjungi monumen Simpang Lima Kediri, monument ini kabarnya mirip dengan monumen L Arc De Triomphe yang ada di Paris. Tempat ini sering dikunjungi anak-anak muda untuk sekedar selvie atau berkumpul dengan teman-teman. 

Bagi yang suka sekali dengan alam, cobalah berkunjung ke air terjun Dolo dan Sumber Ubalan Kediri. Air terjun Dolo adalah air terjun cantik yang tersembunyi setinggi 1800 meter dan bisa kita temukan ketika melakukan pendakian di desa Jugo. Sedangkan Sumber Ubalan Kediri adalah nama dari hutan lindung. Disana anda akan menemukan satwa dan fatwa yang dilindungi, anda juga bisa memancing, berenang, bersepeda dan melihat pertunjukan. 

Nah kalau anda ingin berkunjung kemana??? Jangan lupa juga oleh-olehnya juga ya untukku. Hehe.

No comments:

Post a Comment

Adbox

@templatesyard