Jalan-Jalan bersama Intan

Jalan-Jalan ke Museum Angkut Batu Malang

Hallo, hari sabtu memang enak buat kita nyantai ataupun liburan. Bagaimana kalau liburan ke Malang seperti yang Intan lakukan bersama 3 teman SMAku dulu? Ada tempat wisata yang menyenangkan lho untuk kamu kunjungi bersama teman-teman. Tepatnya ada di kota Batu, Malang namanya Museum Angkut. Pasti pernah dengar khan? Iyalah pernah ditayangin di tv dan di berita-berita kog. Hehe.

Kira-kira beberapa bulan yang lalu, Intan dan teman-teman pergi ke Museum Angkut karena sesuai dengan namanya disini banyak macam-macam sarana pengangkutan / transportasi Indonesia – Luar negeri mulai dari dahulu sampai sekarang, selain itu museum ini juga terkenal dengan keindahan replica Negara-negara terkenal, dan berbagai panorama yang mungkin tidak akan kita temukan di wilayah Indonesia. 

Kami berempat berangkat dari jam 11 pagi dan tiba disana kira-kira jam 12 siang pakai sepeda motor. Sampai disana kita harus menitipkan barang-barang kita seperti makanan dan minuman karena dilarang membawa makanan dari luar dan juga dilarang membawa kamera. Jika ingin membawa kamera ke dalam harus membayar biaya tambahan. Sedangkan harga tiket masuknya sendiri perorang senilai 60 ribu rupiah di hari biasa, jika berlibur kesana pada hari sabtu, minggu atau di hari libur maka harganya naik menjadi 80 ribu. Tiketnya ada 2 macam, tiket yang aku sebutkan tadi belum termasuk ke rumah topeng, jika mau meneruskan ke rumah topeng silahkan beli tiket terusan ke rumah topeng seharga 90-100ribu rupiah.

ZONA EDUKASI

Setelah kita masuk, kita akan disuguhi berbagai merek mobil yang pernah ada. Ada yang bisa dinaiki, ada juga yang gak boleh dipegang tapi kita boleh kog foto-foto tapi ya pembatas mobilnya pasti kelihatan. Mobilnya walaupun jadul tapi keren-keren lho, namanya aja mobil antik yah. Haha. Di lantai bawah juga ada toilet, siapa tahu kitamau dandan dulu sebelum foto. :D Ada juga pintu masuk airport jadi seakan-akan kita ada di bandara. Asyik khan? Kalau capek bisa duduk dulu dan selfie dengan background mobil yang terparkir disana.

Jalan-Jalan ke Museum Angkut Batu Malang

Setelah puas berjalan-jalan di lantai bawah, bisa naik ke lantai atas. Disana kita menemukan kendaraan seperti dokar dan semacamnya. Ada juga poster-poster bergambar yang memanjakan mata. Selain angkutan yang terpajang kita juga bisa melihat keterangan berupa nama, asal daerah, tahun pembuatan dan keterangan lengkap lainnya. Setelah puas melihat-lihat kami turun ke pintu keluar dan menuju area lainnya lagi. 

ZONA PECINAN DAN BATAVIA

Di area ini kita tidak melihat angkutan lagi melainkan bangunan antik seperti rumah-rumah yang berjejer. Designnya unik dengan warna mencolok seperti merah dan berbau khas cina gitu. Oh iya ada juga becak merah, terus ada seperti toko-toko tapi gak ada penjualnya kayaknya. Hehe. Setelah belok, kita akan melihat pemandangan yang berbeda Karena ada laut yang biru, para nelayan yang menangkap dan peralatannya. Ada juga pohon kelapa yang tinggi. Bagaikan suasana pantai dengan keindahan yang komplit. Pas banget untuk area selfie. 

Jalan-Jalan ke Museum Angkut Batu Malang
photo by travelingprecils.blogspot.com
Setelah ke pantai, kita ke dalam gedung lagi. Disini nih kita akan melihat seperti angkutan untuk tentara-tentara. Ada pasir-pasir dan bunga yang indah dengan background pemandangan. Kita bisa naik sepeda motornya gandeng menyamping dan pakai helmnya. Selain itu ada juga tempat berteduh di atas, entah apa namanya. Dan jika kita berjalan lagi kitaakan melihat berbagai macam jenis sepeda pancal dan didampingi oleh sasuke dari serial Anime Naruto yang terkenal, ada juga replica dari bunga sakura dan bendera Jepang. Didekat itu ada sebuah meja dan kursi. Boleh diduduki untuk istirahat sementara. Hehe. 

ZONA GANGSTER, LAS VEGAS dan AMERIKA

Keluar dari sana kita akan melihat 2 mobil yang terparkir dan poster bergambar. Di dekatnya ada sebuah penjara. Mau merasakan bagaimana hidup di penjara? Kita bisa kesini untuk sekedar merasakan yang namanya ditahan sama pak polisi, difoto serta memegang nama dan diukur tingginya. Perlengkapannya ada disini semua lho. 

Jalan-Jalan ke Museum ANgkut Malang
photo by wisata.kompasiana.com
Ada juga bangunan lain yang menarik perhatian seperti bank, restoran dan bioskop. Di depan bank ada patung replica perampok tanpa kepala, kita bisa berpura-pura menjadi perampok dengan berdiri di belakang patung itu. Hehe. Ada juga meja berpayung, jika ingin istirahat dulu. Ingin jadi penari atau penyanyi? kita bisa bernari bersama mereka di atas tangga. 

ZONA ITALY, PERANCIS, INGGRIS dan JERMAN

Yuk terus berjalan sampai ke area vespa. Vespa disini cantik dan berwarna-warni, ada yang berwarna hijau, kuning, biru dan banyak lagi yang lainnya. Mau foto sambil menaiki vespa? bisa dong. Ssetelah itu kita ke dalam lagi menyaksikan replica Negara-negara terkenal seperti perancis yang terkenal dengan Menara Eiffelnya. Iya disana kita juga bisa foto dengan eifel walaupun tingginya gak sama seperti aslinya tapi tetap cantik kog. Selain Eiffel, ada sepeda dengan bunga-bunganya yang cantik. Keren. 

Jalan-Jalan ke Museum ANgkut Malang
photo by halomalang.com

Jalan-Jalan ke Museum ANgkut Malang
vespa: wintangmumpuni.wordpress.com

Jalan-jalan ke museum angkot malang
bunga-bunga di depan Buckingham Palace: caderabdul.wordpress.com

Jalan-Jalan ke Museum Angkut Batu Malang

Di area selanjutnya kita bisa melihat seperti kerajaan dengan ibu ratu yang sedang duduk di singgasananya (lupa siapa ratunya). Disini ratu duduk sendiri dan di sebelahnya kosong. Kita bisa mendudukinya dan foto bersamanya. Di wilayah inggris kita bisa menemukan telepon umum merah seperti yang ada di luar negeri. Ada juga toko perhiasan seperti Intan berlian di sampingnya. Di wilayah mana gitu, kita bisa melihat taman bunga yang luas, ada tempat duduk di tengah-tengah yang menambah suasana romantis.

ZONA HOLLYWOOD

Setelah melewati berbagai Negara special, kita bisa bertemu pahlawan Hulk dari Amerika dan anjing Scooby Doo bi Doo. Jika kamu lapar, ada restoran di dekat situ. Yang terakhir kita bisa berjalan ke terowongan yang bentuknya seperti kereta api, ketika kita meliwatinya kereta api seakan-akan bergerak dan bergoyang karena kaki kita merasakan goyangan. 

Jalan-Jalan ke Museum Angkut Batu Malang

Di bawah, kita bisa menaiki perahu untuk berkeliling ke pasar apung dan membeli souvenir untuk keluarga kita. Disana juga tersedia tempat duduk untuk melepas lelah. Pasti capek khan habis keliling tadi? Setelah puas kita bisa pulang dengan senyuman ke rumah masing-masing. Yang mau kesini juga alamatnya ini ya Jl. Terusan Sultan Agung Atas No. 2 Kota Wisata Batu Jawa Timur. Buka dari jam 12 sampai jam 8 malam.

Disclaimer: Foto bukan milik Intan tapi mengambil di google image karena Intan dulu gak bawa kamera. Hehe.

1 comment:

Adbox

@templatesyard